Chat Admin
Kantor Pusat Jl. Kebun Raya No 73 Yogyakarta
081225942144

CHOLESTEROL? Kenali Sejak dini dan cegah!

Apa yang terbayang saat kita bicara kolesterol?

Kegemukan dan makan jeroan, mungkin begitu sebagian jawaban anda. Tapi perlu diketahui bahwa bukan cuma yang bertubuh tambun saja yang bisa kena kolesterol tinggi. Anda yang sekurus papan luncur juga dapat terkena Hypercholesterol !. Banyak anggapan lain yang salah kaprah mengenai kolesterol ini. Kolesterol merupakan “silent kiler’ (pembunuh diam-diam) yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja meskipun dia datang bukannya tanpa gejala, namun faktor ketidaktahuan akan gejala yang ada serta buruknya budaya cek kesehatan secara berkala membuat si penderita terlambat dalam mengantisipasinya. Terkadang seseorang baru sadar jika kolesterol dalam tubuhnya tinggi justru setelah terjadi penyakit-penyakit besar yang ditimbulkannya seperti stroke, jantung koroner bahkan penyumbatan pada semua pembuluh darah seluruh tubuh. Terlambat!

Tindakan paling bijaksana adalah mengenali dia dengan benar dan mencegahnya, jangan  sampai terjadi pada anda dan keluarga anda.

Apa kolesterol itu sebenarnya?

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak yang beredar di dalam darah, diproduksi oleh hati dan sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme tubuh, seperti dalam pembentukan sel baru dan hormon.

Namun, kadar kolesterol darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam dinding pembuluh darah. Jika hal ini terjadi dan dibiarkan, pada akhirnya jantung dan otak akan kekurangan pasokan darah sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Jenis komponen lemak dan istilah dalam kolesterol

Top of Form

Bottom of Form

Top of Form

Bottom of Form

 

Low Density Lipoptoteins

 

LDL sering dijuluki sebagai “kolesterol jahat” berperan mengalirkan kolesterol keseluruh tubuh LDL? menyababkan penempelan Kolesterol di dinding pembuluh darah

 

High Density Lipoproteins HDL adalah “kolesterol baik” berperan membuang kelebihan kolesterol dari sel dan pembuluh darah serta membawa kolesterol kembali ke hati untuk dibuang.

 

Trigliserida Trigliserida adalah lemak cadangan/Simpanan energi yang terbentuk sebagai hasil dari metabolisme makanan, bukan saja yang berwujud lemak tetapi juga karbohidrat dan protein yang berlebihan, yang tidak seluruhnya dibutuhkan sebagai sumber energi.

 

Kolesterol Total Senyawa yang merupakan gabungan fraksi kotesterol diatas.

 

 

Gejala-gejala yang menyertai meningkatnya kolesterol dalam darah :

Mudah lesu / lemah

Sering kesemutan, bahkan sampai pada ujung jari-jari tangan atau kaki
Sering mengalami gejala menyerupai masuk angin, pegal/tegang pada tulang belikat
Sering merasakan tegang di sep utar bahu ke pangkal leher.

Tips Sehat alami mengendallkan kolesterol
Bila sudah sering merasakan gejala tersebut di atas, maka segera lakukan:

  • Cek kadar kolesterol dalam darah ke laboratorium
  • Mengatur pola makan yang sehat, dengan menghindari makanan berlemak tinggi, Seperti;
  • telur,daging mamalia, ayam potongdan gorengan.
  • Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar ber protein tinggi
    Melakukan olah raga yang teratur
  • Atur pola hidup yang seimbang, antara aktifitas dengan istirahat yang cukup Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol dan bersoda serta pemakaian obat-obatan kimia dalam jangka waktu yang panjang.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, maka konsumsi suplemen berprotein tinggi Omega 3-6-9 Soya Lecithin dan Herbal Spesial pengendali kolesterol ”Naturindo Fit” sesuai anjuran Konsultan &Terapisi bilamana mengalami gejala-gejala diatas.

  1. Pembuluh darah dengan plak-plak (karang) kolesterol, mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, bahkan bisa memicu penyumbatan. Jika terjadi penebalan plak secara cepat dan terjadi pada pembuluh di jantung,maka akan menjadikan tekanan darah tinggi (hypertensi)
  2. Penebalan plak (karang) kolesterol dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel pada pembuluh darah bagian dalam, sehingga bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah hal ini terjadi pada pembuluh arteri pada jantung akibatnya terjadi pembengkakan Jantung (Jantung Koroner).
  3. Pada perkembangan selanjutnya penebalan plak di jaringan pembuluh darah bisa merusak sel-sel pembuluh darah bagian luar. Dengan demikian memungkinkan pecahnya pembuluh darah. Bila hal ini terjadi di otak, berakibat matinya sel-sel otak oleh darah, inilah satah satu jenis stroke yang berat.

1 thought on “CHOLESTEROL? Kenali Sejak dini dan cegah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X