Chat Admin
Kantor Pusat Jl. Kebun Raya No 73 Yogyakarta
081225942144

ASAM URAT & NYERI SENDI (Ghout Arthritis)

Asam urat atau uric acid merupakan hasil akhir nucleic acid atau metabolisme zat purine (salah satu unsur protein) dalam sel tubuh. Kelebihan asam urat dalam darah ini berupa Kristal yang berbentuk seperti jarum akan tertumpuk pada jaringan persendian, maka inilah ya menyebabkan nyeri atau radang sendi atau dalam istilah medis disebut Gout Arthritis!

Mengapa Asam Urat blsa Berleblhan dalam Darah?

 

Penyebabnya adalah penurunan ekskresi (pengeluaran) melalui ginjal. Hal ini bisa dikarenakan gangguan fungsi ginjal dalam mengeluarkan purin yang semestinya dibuang. Asam urat juga dapat dipicu oleh penggunaan berlebihan obat-obatan tertentu yang berefek samping menurunkan pengeluaran asam urat, seperti obat deuretic (peluruh air seni), aspirin (obatjantung), obat-obat anti tuberculosis dan obat kimia lain yang tidak bersahabat dengan ginjal.

Produksi asam urat tubuh berlebihan, yang disebabkan oleh faktor dari luar tubuh seperti; makanan yang mengadung purin tinggi. Sedang faktor dari dalam tubuh seperti; gangguan enzim pengatur metabolisme purin dan proses pemecahan purin yang berlebihan akibat pengobatan untuk mematikan sel ganas.

 

Kombinasi dari kedua hal tersebut di atas, seperti ;minuman beralkohol, akan meningkatkan asam urat dalam darah karena meningkatnya metabolisme purine dan mengganggu fungsi ginjal dalam pengeluaran asam urat dari ginjal.

Kadar Asam Urat Normal

Asam urat dalam darah dikatakan berlebihan bila kadarnya lebih besar dari 7,0 mg% pada pria dan lebih besar dari 6 mg% pada wanita. Fluktuasi kadar asam urat naik turun tergantung pada faktor makanan dan kondisi kesehatan seseorang, untuk menjadi serangan akut. Menurut dr.Caecilia R Padang, Ph.D., FACR, konsultan Pusat Reumatik lndonesia, kadar asam urat lebih tepat tidak diturunkan secara drastis dengan obat-obatan dosis tinggi, tetapi secara perlahan, karena setelah serangan pertama, maka kalau sampai mendapat serangan kedua maka serangan-serangan berikutnya akan lebih sering muncul bahkan berkepanjangan dan kronis.

Gejala dan Perkembangan Gout Arthristis

 

Merasakan nyeri dan kaku bersifat akut pertama-tama menyerang sendi-sendi ibu jari kaki sampai ke jari-jari lain.

Pada taraf lanjut bisa sampai pada pergelangan kaki, lutut, siku, dan sendi-sendi lainnya pada tangan. Peradangan ini bisa disertai dengan demam dan pembengkakan sendi, dimana bagian yang bengkak terasa panas

Lebih lanjut tahapan asam urat ini, kumpulan kristaI-kristal asam urat (monosodium urat) akan membentuk gumpalan pada bawah kulit, yang kemudian membentuk Tophi (semacam benjolan) jika tophi tersebut berukuran besar, yang membuat persendian nampak menonjol.

Bilamana endapan monosodium urat ini terjadi di ginjal maka bisa mengakibatkan batu ginjal bahkan bisa merusak jaringan ginjal, dan dikhawatirkan terjadinya gagal ginjal.

 

Siapakah yang berpotensi terkena Gout Arthritis (asam urat) ?

Mereka yang berusia di atas 40 tahun, (di Indonesia 35 % terjadi pada pria < 34 tahun).

Mereka yang sering minum minuman beralkohol (faktor resiko mencapai 50%).

Kebiasaan makan sea food / makanan hasil Iaut (seperti; udang, kepiting, tiram, remis), jeroan (hati, paru, ginjal, babat, otak), daging anjing, kambing, bebek, makanan kaleng.

Kebiasaan makan sayuran dengan kandungan purine tinggi, seperti ; bunga koi, bayam, daun singkong, kangkung, me|injo (daun, biji, dan kulit biji), asparagus, kacang-kacangan.

Mereka yang berat badan lebih dari ideal.

Mereka yang mempunyai saudara yang menderita asam urat.

Mereka yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi (22%), batu ginjal (13%), jantung koroner dan Diabetes Mellitus, berpotensi terserang Gout Arthristis (Asam Urat)

Tips Bagi Penderita Asam Urat

Mengatur pola makan yang sehat, yaitu menghindari makanan yang mengandung purine tinggi, minuman beralkohol. (diet purine)

OIahraga kelenturan untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri, menurunkan berat badan.

Banyak minum air putih.

Mengkonsumsi URICOFIT , untuk mengatasi Asam urat (Gout Arthristis) secara sehat dan aman tanpa efek samping berbahaya penyebab komplikasi.

Spesial Asam Urat , 100 % produk herbal dari tanaman obat-obatan yang mempunyai kandungan Kalium Oksalat tinggi, yang diperoleh dari tanaman daun terus (jawa), daun beluntas, daun cabai, rumput sirih. KaIium Oksa|at akan berperan sebagai antiarthristic dan stimulan sirkulasi darah, yang mendorong meningkatkan dan memperbaiki kinerja ginjal dalam mengeluarkan kelebihan asam urat dan memperbaiki sirkulasi darah.

Perpaduan produk Spesial Asam Urat dengan Omega-3 Soya Lecithin atau Mimosa akan menyempurnakan proses penyembuhan gout arthritis dalam mengendalikan tingginya asam urat dalam darah dan nyeri pada sendi, mengingat kandungan Lecithin akan berperan juga dalam proses mengembalikan jaringan sendi yang rusak, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X