...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Obat Apa yg Bisa Bikin Haid Cepat Keluar? Kenali Jenis-Jenisnya

Kira-kira obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar? Adapun obat yang digunakan akan tergantung dari apa yang menyebabkan kondisi tersebut. Karena itu, wanita akan perlu mengetahui secara jelas mengenai haid yang tidak kunjung keluar.

Obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar

Obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar

Pada dasarnya, siklus menstruasi atau haid yang dialami setiap wanita berbeda-beda. Bahkan, siklus yang dialami wanita itu sendiri juga tidak selamanya memiliki durasi yang sama. Terkadang, haid keluar lebih cepat, namun terkadang juga sebaliknya.

Apabila haid yang dialami saat ini tidak keluar-keluar, maka wanita perlu memicunya dengan obat khusus. Penggunaan obat ini pun juga harus disertai dengan gaya hidup yang sehat, supaya efeknya akan lebih optimal.

Apa yang Menyebabkan Haid Tidak Keluar?

Saat ini, terdapat beberapa penyebab yang membuat siklus haid tidak lancar maupun terhambat. Hal tersebut dikarenakan siklus haid pada dasarnya merupakan sistem yang kompleks. Jika suatu fase mengalami masalah, maka fase lainnya juga bermasalah.

Kebanyakan dari kasus, haid yang tidak keluar dikarenakan fase ovulasi yang tidak berjalan sempurna. Proses pelepasan sel telur yang akan menempel ke dinding rahim tidak terjadi, sehingga haid jadi tertunda.

Namun, apa adakah penyebab lain yang membuat haid tidak kunjung terjadi pada wanita? Menurut berbagai ahli, berikut berbagai macam hal yang menjadi penyebab kondisi tersebut:

  • Kehamilan. Jika pembuahan sel telur dalam dinding rahim yang menebal terjadi, maka siklus haid akan berhenti. 
  • Stres. Kondisi psikis ini dapat mempengaruhi bagian otak yang mengontrol hormon reproduksi, sehingga haid dapat berhenti.
  • Gaya hidup. Misalnya seperti merokok, alkohol, hingga gangguan nafsu makanan seperti anorexia nervosa.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Mengutip dari Medical News Today, sekitar 10% wanita mengalami kondisi ini.
  • Amenorrhea. Situs di atas juga melaporkan, sekitar 3% hingga 4% wanita di dunia mengalami penyakit ini.
  • Gangguan tiroid. Kondisi ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengganggu siklus haid.

Kapan Waktunya Haid yang Tidak Keluar Perlu Diobati?

Salah satu pertanda yang membuat kondisi ini perlu diobati, apabila jika terdapat gejala-gejala lain yang keluar di masa siklus haid. Contohnya seperti nyeri saat haid, pendarahan dengan kuantitas yang besar, hingga mual.

Selain itu, apabila haid tetap tidak keluar bahkan hingga 90 hari ke depan, maka ini merupakan gejala amenorrhea. Penyakit ini juga dapat menyebabkan wanita mengalami gangguan kesuburan, sehingga akan butuh pertolongan medis.

Obat Bikin Haid Cepat Keluar yang Umum Diberikan oleh Dokter

Di samping dari apakah kondisi ini disebabkan karena masalah ringan maupun gejala penyakit, dokter akan menganjurkan pasien untuk meminum obat. Karena obat-obat ini bukan obat bebas, wanita hanya akan mendapatkannya dengan resep dokter.

Namun sebagai informasi, tidak ada salahnya bagi wanita untuk mengetahuinya. Lantas, obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar? Saat ini terdapat dua kategori yang biasanya diberikan dokter, yaitu sebagai berikut:

1. Obat Pelancar Haid

Untuk kebanyakan kasus, dokter akan memberikan obat pelancar haid dalam bentuk tablet. Singkatnya, obat ini akan menormalkan kembali hormon yang menjadi pemicu masalah pada siklus haid, sehingga haid menjadi normal.

Lalu, kandungan senyawa pada obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar? Jawabannya tergantung dari hasil diagnosa yang dilakukan pada wanita. Berikut macam-macam jenis yang sering diberikan oleh dokter berdasarkan penyebabnya:

  • Clomiphene. Kandungan ini meningkatkan kadar FSH (follicle-stimulating hormone), serta LH (luteinizing hormone). Obat ini akan dapat memicu proses ovulasi untuk mendorong terjadinya haid.
  • Progestin. Kandungan ini akan mengatasi masalah haid yang diakibatkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Metformin. Kandungan ini akan meningkatkan kadar insulin, sehingga hormon androgen menjadi seimbang. Alhasil, haid akan kembali lancar.
  • Bromocriptine. Kandungan ini akan menghambat produksi hormon prolaktin, sehingga kembali menormalkan siklus haid.

2. Obat Suntik FSH

FSH atau follicle-stimulating hormone, sejatinya sudah ada dalam darah. Hormon ini diproduksi untuk mempengaruhi perkembangan seksual dan reproduksi. Namun, level atau tingkatan FSH yang kurang akan dapat mempengaruhi siklus haid.

Maka itu, dokter akan memberikan suntikan hormon FSH. Penggunaan obat ini kemudian dilakukan dengan obat HCG (human chorionic gonadotropin), untuk memicu proses ovulasi. Namun, metode ini tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pasalnya, wanita dengan masalah ovarium yang tidak dapat melepaskan sel telur, tidak dianjurkan melakukan suntikan ini. Selain itu, suntikan FSH juga dapat memberikan efek samping berupa mual/muntah, kembung, hingga perubahan atau nyeri pada payudara.

Cara Alami yang Juga Bikin Haid Cepat Keluar

Masalah haid yang dirasakan wanita, masih dapat diatasi dengan cara alami. Lalu apabila wanita menggunakan cara yang alami, obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar? Berikut apa saja hal yang dapat dicoba:

1. Mengonsumsi Vitamin

Sebagai nutrisi tubuh yang penting, vitamin juga dapat menjadi cara alami wanita untuk menormalkan haid yang tidak keluar. Menurut studi dari SL Mumford, et al (2016), vitamin C dihubungkan dengan peningkatan progesteron dan pengurangan FSH.

Selain vitamin C, wanita juga dapat mencoba vitamin D untuk melancarkan proses ovulasi dan haid. Studi dari V Singh, et al (2021) menyimpulkan, defisiensi vitamin D dapat dikaitkan dengan ovulasi dan siklus haid yang lama.

2. Menghindari Gaya Hidup Tertentu

Cara selanjutnya yang juga dapat membantu membuat haid lancar yaitu dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Caranya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu masalah siklus haid, seperti:

  • Merokok yang berlebihan.
  • Minum minuman alkohol dengan kadar yang terlalu berlebihan.
  • Begadang atau istirahat/tidur yang kurang cukup.
  • Aktivitas ekstrim yang dapat membuat stres.
  • Pola makan berlebihan, sehingga menyebabkan obesitas.

3. Mendapatkan Terapi Relaksasi

Meski terlihat disepelekan, stres juga dapat menjadi pemicu dari masalah siklus haid. Meski mengurangi stres tampaknya seperti tidak mungkin, wanita dapat mencoba menguranginya dengan mendapatkan terapi atau pijat relaksasi.

Apabila tidak sempat, wanita juga dapat belajar untuk bermeditasi atau yoga, meskipun hanya sebentar. Efek dari meditasi atau yoga akan menenangkan wanita, sehingga hormon yang mempengaruhi siklus haid akan menjadi normal.

Rekomendasi Obat Tradisional yang Bikin Haid Cepat Keluar

Obat herbal, disinyalir juga dapat mengatasi keluhan seperti haid yang kurang lancar. Kalau begitu, obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar? Wanita dapat mencoba produk Herbal AZZAHRA Naturindo yang sudah terpercaya selama 10 tahun.

Diproduksi oleh Naturindo, obat alami ini menggunakan tanaman-tanaman herbal yang sudah teruji khasiatnya. Contohnya yaitu purwoceng yang dapat meningkatkan hormon seksualitas wanita seperti progesteron, sehingga haid menjadi cepat keluar.

Tidak hanya itu, Herbal AZZAHRA Naturindo juga dapat mengatasi keluhan organ kewanitaan seperti nyeri haid, gangguan kesuburan, dan lain sebagainya. Soal kualitas, Naturindo sudah mendapat surat izin POM dan LPPOM MUI, sehingga terjamin halal.

Jadi, apakah wanita sudah paham obat apa yg bisa bikin haid cepat keluar? Mengatasi haid yang bermasalah hingga tidak keluar, dapat menjadi tanda yang cukup mengkhawatirkan. Namun dengan penanganan tepat, kondisi ini masih bisa disembuhkan.

Namun, wanita juga tetap perlu menjaga kesehatannya, jangan hanya mengandalkan obat saja. Selalu pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, untuk mencegah masalah haid tersebut datang kembali.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.