...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Kenali Obat Keputihan Alami yang Manjur dengan Efek Samping Minim

Mengatasi keputihan dengan obat-obatan kimia, sesungguhnya merupakan cara yang ampuh. Namun bagi pasien yang memiliki alergi terhadap antibiotik dan antijamur, obat keputihan alami dapat menjadi solusi alternatif yang sesuai.

Obat Keputihan Alami

Obat Keputihan Alami

Beberapa sumber mengklaim, bahwa ada sekitar 75% wanita di Indonesia mengalami keputihan setidaknya sekali semasa hidup. Hal ini didasari oleh keadaan hawa Indonesia yang lembab, sehingga memudahkan bakteri dan jamur untuk berkembangbiak.

Karena itu, setiap wanita Indonesia perlu mengantisipasi terlebih dahulu dengan menyiapkan obat alami. Lantas, seperti apa obat alami yang bisa digunakan? Penjelasan lengkapnya akan dibahas berikut.

Apa Tanda-Tanda Keputihan yang Butuh Pengobatan?

Pada dasarnya, keputihan adalah hal yang lumrah terjadi pada wanita. Cairan atau lendir yang dihasilkan dan keluar dari mulut rahim, berfungsi sebagai pembersih bakteri atau jamur yang berada di leher rahim.

Akan tetapi, keputihan yang abnormal akan menunjukkan segelintir pertanda yang dapat dirasakan oleh penderita. Adapun tanda-tanda yang membuat keputihan perlu ditangani dengan segera, adalah sebagai berikut:

  • Perubahan cairan yang dikeluarkan. Mulai dari perubahan warna, tekstur, hingga bau cairan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa adanya mikroorganisme di leher rahim.
  • Timbulnya rasa iritasi atau gatal di sekitar area kewanitaan. Hal ini juga disebabkan oleh adanya bakteri atau jamur. Iritasi atau gatal yang tidak kunjung sembuh, dapat menjadi pertanda keputihan abnormal.
  • Merasakan sakit saat buang air kecil maupun berhubungan intim. Hal ini dapat terjadi karena adanya penyakit menular seksual, hingga infeksi saluran kemih. Alhasil, keputihan akan lebih sering keluar.

Perlu diingat, jika gejala yang ditimbulkan juga berbeda-beda tergantung penyakit yang dialami. Maka itu, umumnya penderita keputihan abnormal dianjurkan untuk melakukan diagnosa, agar dapat mengetahui penyebab keputihan.

Adakah Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami?

Saat ini, obat umum dianjurkan untuk mengobati keputihan abnormal yaitu dengan obat-obat kimia. Misalnya seperti antifungal yang dikenal mengobati jamur candida, serta antibiotik untuk bacterial vaginosis (BV).

Akan tetapi, keputihan abnormal karena BV dapat disembuhkan secara alami tanpa menggunakan antibiotik. Pasalnya, dilansir dari situs kesehatan Healthline, bacterial vaginosis dapat sembuh dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, apabila BV tersebut disertai dengan beberapa gejala yang semakin parah, maka pengobatan akan dilakukan dengan segera. Lalu, adakah cara menghilangkan keputihan secara alami tanpa antibiotik dan antifungal?

Tanpa menggunakan obat tersebut, penderita dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan obat tradisional juga harus dilakukan bersamaan dengan menjaga kebersihan area kewanitaan, agar penderita benar-benar sembuh.

Obat Keputihan Alami yang Umum Digunakan

Di Indonesia, banyak yang memilih untuk menyembuhkan secara alami karena memiliki efek samping kecil. Hal yang sama, juga dapat berlaku untuk mengatasi keputihan abnormal. Bahan alami yang digunakan sebagai obat juga mudah didapatkan.

Tapi sebelumnya, alangkah baiknya untuk memastikan jika wanita tidak memiliki alergi terhadap bahan alami yang dijelaskan. Adapun jenis bahan yang dapat dijadikan sebagai obat keputihan alami adalah:

1. Rebusan Tanaman Herbal

Indonesia ini merupakan satu dari beberapa negara dengan spesies tanaman herbal terbanyak di dunia. Menurut situs Badan POM, terdapat sekitar 9.600 spesies dapat dinilai ternyata memiliki khasiat obat, akan tetapi belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

Salah satu spesies yang dapat menyembuhkan keputihan yaitu jahe. Penelitian Shabanian, S. et al (2017), membuktikan bahwa krim oles dengan jahe 1% lebih efektif. Jahe dapat menjadi alternatif bagi penderita yang tidak dapat mengonsumsi obat.

Selain jahe, daun sirih juga dikenal mampu mengatasi berbagai keluhan organ intim. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan jamur. Rebusan daun sirih juga memiliki manfaat positif lain bagi kesehatan.

2. Buah-Buahan

Tanaman herbal yang identik akan rasa pahitnya, mungkin membuat sebagian wanita enggan menggunakannya. Ternyata, ada juga buah-buahan yang bisa menjadi obat keputihan alami. Salah satu buah yang direkomendasi pada beberapa situs yaitu pisang.

Meskipun pisang tidak dapat menyembuhkan secara langsung, pisang dapat menjadi diet yang baik saat mengalami keputihan. Pasalnya, wanita dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula saat keputihan abnormal.

Selain itu, pisang juga dapat menyeimbangkan level pH dalam tubuh, sehingga mengurangi pertumbuhan jamur pada leher rahim. Tidak hanya pisang, buah delima juga dapat mengatasi infeksi keputihan.

3. Yogurt

Obat keputihan alami yang bisa digunakan selanjutnya yaitu yogurt. Yogurt mengandung lactobacillus bacteria, yang dapat menyeimbangkan jamur dan bakteri pada leher rahim. Ditambah lagi, bakteri baik ini juga tidak menimbulkan iritasi.

Akan tetapi, yogurt harus benar-benar murni tanpa adanya pemanis. Yogurt juga sebaiknya tidak dioleskan pada area kewanitaan. Penggunaan yogurt sebagai obat dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsinya secara teratur.

Tips Mencegah Keputihan Secara Alami

Jika keputihan abnormal berhasil disembuhkan, bukan berarti wanita tersebut akan bebas sepenuhnya dari kondisi ini. Survei menunjukkan bahwa terdapat sekitar 45% wanita mengalami keputihan abnormal untuk kedua kalinya.

Sebab itu, keputihan abnormal tidak hanya perlu diobati saja, namun juga dicegah agar wanita tidak merasakannya kembali. Lantas, bagaimana cara mencegah keputihan secara alami?

  • Menjaga kebersihan organ intim dengan benar. Mulai dari membasuh dengan air bersih, serta menghindari pemakaian sabun atau cairan pembersih vagina.
  • Menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari kain dengan daya serap tinggi, serta tidak terlalu ketat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban area kewanitaan.
  • Hindari menggaruk area kewanitaan dengan kuat, karena dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Kebiasaan ini juga berpotensi membuat infeksi pada mulut rahim.
  • Melakukan praktisi berhubungan intim yang aman dengan menggunakan kondom. Tujuannya agar wanita tidak terkena penyakit seks menular, yang dapat menyebabkan keputihan abnormal.

Obat Keputihan Alami Terbaik untuk Memulihkan Keputihan

Memilih obat keputihan yang pas, tentunya tidak mudah. Sebab, ada cukup banyak produsen di Indonesia yang memproduksi obat herbal. Mulai dari industri obat tradisional, hingga usaha kecil atau menengah.

Maka itu, direkomendasikan bagi wanita dengan keluhan ini untuk menggunakan produk Herbal AZZAHRA Naturindo. Terbuat dari bahan alami berupa daun sirih hingga manjakani, obat ini akan dapat mengatasi keputihan dengan cepat.

Akan tetapi, apa yang membuat produk obat herbal ini begitu direkomendasikan dibandingkan produk-produk lainnya? Berikut hal-hal yang membuat Herbal AZZAHRA Naturindo layak untuk digunakan:

  • Dibuat oleh produsen Naturindo yang sudah berpengalaman di bidang pembuatan obat selama 10 tahun. Produk Naturindo juga sudah membantu menyembuhkan berbagai masalah penyakit lainnya.
  • Setiap kapsul diproduksi sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Naturindo juga sudah mengikuti aturan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).
  • Naturindo juga menyediakan layanan antar, serta cek kesehatan gratis bagi penderita keputihan abnormal. Wanita akan dapat mengetahui tentang penyebab keputihan yang dialami.

Singkatnya, obat keputihan alami Herbal AZZAHRA Naturindo dapat membantu meredakan hingga menyembuhkannya dengan tuntas. Akan tetapi, pasien juga akan perlu menjaga kebersihan area kewanitaan, agar tidak kembali merasakannya.

Keputihan pada dasarnya dapat menjadi pertanda baik, namun juga pertanda buruk jika disertai gejala yang mengkhawatirkan. Yang terpenting, kini wanita sudah mengetahui bagaimana cara mengantisipasi, serta menghindari terkenanya keputihan.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.