...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Apa Obat Telat Haid 3 Bulan yang Manjur? Ini Jawabannya

Obat telat haid 3 bulan, kini bisa ditemukan di apotik maupun toko obat berlisensi. Namun, tahukah jika dalam beberapa kondisi, seperti stress maupun obesitas juga dapat menyebabkan terlambat haid sehingga tidak perlu mengkonsumsi obat.

obat telat haid 3 bulan

obat telat haid 3 bulan

Sayangnya, ada beberapa kondisi yang menyebabkan menstruasi bisa terlambat cukup lama sehingga perlu mengkonsumsi obat. Sebelum mengetahui apa nama obat telat haid 3 bulan, pahami dulu mengapa bisa terlambat menstruasi, berikut ini:

Apa Penyebab Terlambat Haid Selama 3 Bulan?

Menstruasi yang telat pada wanita tidak hanya disebabkan oleh kehamilan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siklus haid pada wanita berubah-ubah. Berikut ini adalah beberapa kondisi penyebab telat menstruasi yang perlu diperhatikan:

  • Kondisi stress.
  • Mengalami perubahan berat badan yang drastis dan dalam periode yang cepat.
  • Penurunan berat badan yang signifikan.
  • Adanya gangguan hormonal.
  • Mengidap PCOS/ Polycystic ovarian syndrome.
  • Adanya gangguan tiroid.
  • Mengalami menopause dini.
  • Penggunaan jenis KB tertentu.
  • Adanya masalah kesehatan tertentu, misalnya diabetes dan juga penyakit celiac.
  • Mengalami hormon prolaktin berlebih/ sedang menyusui.

Baca juga : Jamu Telat Haid yang Praktis dan Dijamin Aman

Batas Telat Haid

Seringkali kaum hawa menyepelekan telat haid. Pasalnya, telat haid memang wajar terjadi. Namun, di beberapa kasus, telat haid ternyata bisa berbahaya dan perlu ditangani lebih lanjut.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui batas telat menstruasi, agar bisa dideteksi secara dini jika ada penyakit yang serius. Pada dasarnya, setiap wanita memiliki periode menstruasi yang berbeda-beda.

Normalnya periode menstruasi terjadi dalam 21 hari hingga 35 hari. Ini terhitung sejak hari pertama haid hingga 1 hari sebelum haid berikutnya.

Jadi, menstruasi dikatakan normal jika muncul kapan saja di antara rentang periode tersebut. Namun, jika siklus teratur biasanya adalah 27 hari, namun di hari ke 30 belum juga mengalami menstruasi, ini dianggap sebagai terlambat haid.

Selanjutnya, ada beberapa kondisi lainnya yang dikatakan abnormal dan perlu memeriksakan diri lebih lanjut, yakni:

  • Jika menstruasi berlangsung lama, yaitu lebih dari 8 hari.
  • Apabila periode menstruasi terjadi kurang dari 2 hari.
  • Tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan namun tidak terjadi kehamilan.
  • Jarak siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau apabila lebih dari 35 hari.

Baca juga : Mengenal Obat Telat Haid Naturindo serta Beragam Khasiatnya

Apa yang Harus Dilakukan Jika Telat Haid 3 Bulan?

Terlambat menstruasi dalam beberapa bulan memang bisa membuat cemas, apalagi bukan karena hamil. Namun, ada beberapa cara yang tentunya dapat dilakukan agar siklus menstruasi kembali normal, yaitu sebagai berikut:

1. Mengurangi Stress

Ketika stress, tubuh akan mengeluarkan hormon progesterone serta kortisol. Proses pelepasan kedua hormon itulah yang mempengaruhi siklus menstruasi. Padahal, hormon progesterone berfungsi untuk mengurangi kecemasan.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi stress dengan baik agar siklus haid senantiasa teratur. Misalnya, melakukan meditasi, yoga, atau melakukan hobby yang disukai agar kadar stress berkurang.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Untuk mengatasi masalah telat haid yang berbulan-bulan, mulai mengubah pola hidup untuk dapat menjadi lebih sehat. Contohnya seperti, mulai mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, menghindari makanan yang tinggi lemak, berpengawet, serta ultraproses.

Kemudian, tidak lupa untuk mengkonsumsi asupan yang mengandung folat tinggi. Pasalnya, penelitian mengemukakan jika mengkonsumsi makanan yang tinggi folat dapat meningkatkan kadar progesterone serta ovulasi menjadi lebih teratur.

3. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Obat telat haid 3 bulan seringkali dicari oleh kaum hawa yang siklus menstruasinya terganggu. Namun, sebetulnya ada beberapa kondisi dimana tidak perlu mengkonsumsi obat untuk mengatasi masalah itu, salah satunya adalah jika penyebabnya karena obesitas.

Hal ini karena obesitas atau memiliki berat badan berlebih rentan mengganggu siklus menstruasi. Tidak jarang, obesitas juga dapat menyebabkan haid lebih nyeri daripada biasanya.

Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, usahakan agar berat badan selalu ideal. Misalnya, dengan menjaga pola makan yang sehat dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, yakni minimal 30 menit setiap hari.

4. Menerapkan Kebiasaan Tidur yang Baik

Salah satu kondisi yang bisa merusak ritme sirkadian tubuh adalah kebiasaan begadang. Jika sering begadang atau tidak tercukupinya waktu tidur dalam sehari, maka siklus menstruasi pun ikut berubah.

Sebagai solusinya, cobalah untuk membiasakan memiliki waktu untuk tidur dan juga bangun yang sama setiap harinya. Agar tidak insomnia, cobalah tidak tidur siang, tidak menggunakan gadget sebelum tidur, dan hindari mengkonsumsi minuman berkafein pada siang hari.

5. Menggunakan Kontrasepsi Hormonal

Ada suatu kondisi dimana wanita membutuhkan kontrasepsi hormonal, seperti suntik KB, pil KB, maupun implant untuk mengontrol siklus menstruasi. Pasalnya, kontrasepsi hormonal dapat digunakan untuk menyeimbangkan hormon pada wanita.

Namun, untuk hasil terbaik disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, tiap wanita memiliki respon tubuh yang berbeda-beda terhadap kontrasepsi hormonal.

6. Melakukan Pemeriksaan Ultrasound

Pada dasarnya telat haid pada wanita wajar terjadi. Namun, jika dalam tahap ekstrim, seperti telat haid 3 bulan, perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut. Hal ini ditakutkan adanya penyakit tertentu yang dibutuhkan penanganan serius.

Salah satu cara yang tentunya dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan ultrasound untuk mengetahui apakah telat haid disebabkan oleh adanya masalah pada sistem reproduksi. Namun, cara ini tentunya harus ditangani oleh ahlinya.

7. Mengkonsumsi Jamu Tradisional

Ada beberapa jamu tradisional yang dinilai mampu mengatasi masalah telat haid. Misalnya, yaitu jahe, kunyit, biji ketumbar, kayu manis, dan juga adas. Beberapa herbal tradisional tersebut mengandung zat yang mampu membuat siklus menstruasi kembali normal.

Namun, ketika mengkonsumsi jamu tradisional tersebut, tetap perhatikan respon tubuh. Apabila datang bulan tidak kunjung datang, mungkin perlu mengkonsumsi obat telat haid 3 bulan.

Apa Nama Obat Telat Haid 3 Bulan yang Manjur?

Kaum hawa kadang menyepelekan telat haid karena hal tersebut memang wajar terjadi. Namun, jika sudah 3 bulan tidak datang bulan dan tidak dalam kondisi hamil, hal tersebut perlu ditangani secara serius.

Misalnya, yaitu dengan mengkonsumsi obat telat haid 3 bulan yang ampuh dan aman, yaitu Azzahra. Produk unggulan dari Naturindo ini dapat mengatasi telat menstruasi, nyeri ketika haid, keputihan, dan masalah kewanitaan lainnya.

Azzahra mengandung herbal tradisional yang dinilai aman untuk mengatasi segala permasalahan kewanitaan, Mulai dari daun sirih, kunci pepet, manjakani, kulit kayu rapet, serta antanan gunung.

Dengan komposisi yang alami, maka Azzahra sangat aman dikonsumsi. Terlebih lagi Azzahra sudah mengantongi izin BPOM sehingga kaum hawa tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsinya.

Selain itu, Naturindo juga telah mempunyai reputasi yang baik lebih dari 10 tahun karena semua produknya aman dan sangat minim efek samping, termasuk Azzahra. Herbal Azzahra juga bersertifikasi halal dan diproduksi oleh produsen dengan penerima Halal Industry Awards sehingga kehalalannya terjamin.

Obat telat haid 3 bulan ini juga aman dikonsumsi dalam waktu lama hingga siklus menstruasi kembali teratur. Sudah banyak konsumen yang puas dengan khasiatnya dan siklus selalu normal setiap bulannya.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.