...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Apa Saja Vitamin Penyubur Kandungan yang Dapat Dikonsumsi? Ini Jawabannya!

Vitamin penyubur kandungan dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kesuburan wanita maupun pria. Setiap jenis vitamin juga mudah didapatkan, melalui suplemen maupun makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Vitamin Penyubur Kandungan

Vitamin Penyubur Kandungan

Infertilitas atau gangguan kesuburan, akan dapat mengganggu keharmonisan pasangan terutama yang ingin cepat memiliki keturunan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu masalah hormon, gaya hidup, dan lain-lain.

Ketika gangguan kesuburan diatasi dengan obat-obatan, pasangan dapat mencoba mengkonsumsi vitamin yang dapat menyuburkan kandungan. Kira-kira, seperti apa vitamin yang dapat mengatasi infertilitas? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut.

Apa itu Vitamin Penyubur Kandungan?

Vitamin merupakan kandungan yang esensial bagi tubuh manusia untuk menjaga metabolisme tubuh. Perihal kesuburan kandungan, vitamin penyubur kandungan artinya kandungan esensial yang menjaga hormon dalam sistem reproduksi.

Menurut banyak situs kesehatan, vitamin terbagi menjadi 13 macam dengan fungsinya masing-masing. Akan tetapi, tidak semua jenis vitamin yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita maupun pria.

Vitamin untuk infertilitas umumnya tersedia dalam bentuk suplemen yang bebas dijual. Menurut National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika Serikat, 58.5% orang dewasa mengkonsumsi suplemen vitamin setidaknya sekali sebulan.

Akan tetapi, suplemen bukan merupakan satu-satunya sumber vitamin yang bisa dikonsumsi. Kandungan vitamin untuk interfilitas juga dapat ditemukan pada makanan dan minuman. Bahkan, vitamin dari makanan umumnya lebih dianjurkan.

Menurut studi yang dikabarkan Medical News Today, nutrisi (seperti vitamin) dari makanan dapat dikaitkan dengan angka resiko kematian rendah. Maka itu, konsumsi suplemen vitamin terutama untuk penyubur kandungan sebaiknya perlu dibatasi.

Jenis Vitamin yang Digunakan Sebagai Penyubur Kandungan

Bagi pria maupun wanita, menjaga metabolisme tubuh dengan mengkonsumsi vitamin merupakan hal yang perlu ditekuni. Pasalnya, masalah pada kesuburan tidak hanya berlaku untuk perempuan saja, namun juga pria.

Maka begitu, ada baiknya untuk kedua pasangan untuk saling mengetahui jenis vitamin mana saja yang bisa digunakan. Berikut macam-macam vitamin dari suplemen maupun makanan yang baik dikonsumsi:

1. Vitamin B

Dari semua jenis vitamin yang dikenal, vitamin B adalah jenis yang kompleks, sehingga juga dapat terbagi menjadi 8 varian. Hampir semua varian pada vitamin B dapat digunakan sebagai vitamin penyubur kandungan.

Salah satunya yaitu B9 (asam folat), dapat digunakan untuk meningkatkan produksi sel darah merah, serta menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Kandungan ini juga dapat mengurangi resiko kelahiran abnormal pada otak dan tulang punggung.

Bagi pria, vitamin B9 dapat meningkatkan produksi sel sperma, sehingga mencegah infertilitas yang disebabkan oleh faktor pria. B9 dapat ditemukan dalam hati sapi, sayuran hijau, serta polong-polongan.

Selain itu, varian vitamin B6 (pyridoxine) juga dapat menurunkan homosistein, yang memiliki dampak buruk pada kesuburan wanita. Vitamin B6 juga dapat mengontrol keseimbangan hormon dalam tubuh, terutama progesteron dan estrogen.

2. Vitamin C

Vitamin yang satu ini, merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Survei dari Neurosensum tahun 2021 mengabarkan, bahwa 94% masyarakat Indonesia mengonsumsi vitamin C pada masa pandemi COVID-19.

Mengesampingkan hal tersebut, vitamin C dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Tidak hanya sekedar menangkal radikal bebas, vitamin C juga mampu meningkatkan kesehatan sel sperma.

Pada wanita, vitamin ini dapat membantu memperkuat dinding rahim dari berbagai serangan infeksi yang mengganggu sistem ovulasi. Vitamin C juga akan menjaga kesehatan hormon wanita saat masa luteal.

3. Vitamin D

Kandungan vitamin D yang cukup pada darah, dianggap berhubungan dengan tingkat peluang kehamilan yang tinggi pada wanita. Jenis vitamin ini juga dapat meningkatkan kualitas sel sperma, serta menaikkan testosteron untuk pria.

Menurut ulasan Dovnik, A. et al (2020), bukti epidemiologi menunjukkan kandungan vitamin D ada kaitannya dengan risiko kanker ovarium rendah. Maka itu, vitamin D juga dapat dijadikan sebagai salah satu vitamin yang dikonsumsi untuk promil.

Vitamin D dapat ditemukan pada hati, telur, dan daging merah. Berjemur di bawah matahari juga dikenal dapat menjadi sumber vitamin D yang baik. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsi vitamin D secara berlebih.

4. Vitamin E

Vitamin penyubur kandungan lainnya yang perlu dikonsumsi adalah vitamin E. Untuk vitamin yang berasal dari kacang dan sayuran hijau ini, dapat membantu meningkatkan jumlah sel sperma, sehingga menjaga kesuburan pria.

Bagi wanita, vitamin ini dapat menjaga dinding rahim agar tetap tebal. Vitamin E juga dapat membantu menyembuhkan sindrom ovarium polikistik, salah satu penyebab yang paling utama dari infertilitas yang dialami wanita.

5. Vitamin K

Meski jarang didengar kalangan umum, vitamin K merupakan jenis yang tidak kalah pentingnya dalam tubuh manusia. Defisiensi dari vitamin ini dapat berdampak buruk bagi wanita yang hamil, maupun wanita yang belum mengandung.

Pasalnya, kurangnya vitamin K dapat menghambat mekanisme pembekuan darah (koagulasi). Hal ini dikarenakan vitamin K diperlukan oleh prothrombin (protein dari hati) untuk melakukan proses koagulasi tersebut.

Untuk pria dengan masalah kesuburan, vitamin K akan dapat mengaktifkan osteocalcin, hormon yang meningkatkan produksi sel sperma. Vitamin K juga dapat ditemukan pada berbagai sayuran hijau.

Bagaimana Memilih Vitamin Penyubur Kandungan yang Sesuai?

Dari kelima jenis vitamin tersebut, kira-kira mana yang saat ini diperlukan untuk menyuburkan kandungan? Dalam memilihnya, sebaiknya wanita perlu menyeimbangkan konsumsi vitamin, baik dalam suplemen maupun makanan yang dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan kelebihan mengkonsumsi vitamin tertentu, akan menyebabkan hipervitaminosis. Kondisi ini akan menyebabkan gejala-gejala tergantung jenis vitamin yang dianggap berlebihan pada tubuh.

Maka itu, penggunaan suplemen vitamin tertentu sebaiknya dikonsumsi untuk menutupi vitamin yang tidak tersedia pada makanan yang dimakan. Misalnya jika diet tidak memiliki vitamin C yang cukup untuk sehari, maka bisa diganti dengan suplemen.

Solusi Alternatif Vitamin Penyubur Kandungan untuk Atasi Infertilitas

Khusus wanita dengan masalah kesuburan, Herbal AZZAHRA Naturindo dapat menjadi solusi alternatif terbaik untuk mengatasinya. Produk obat herbal alami ini, dipercaya oleh lebih dari 100.000 orang dan direkomendasikan karena:

1. Menggunakan Tanaman Herbal yang Mengandung Vitamin

Herbal AZZAHRA Naturindo terbuat dari beberapa tanaman herbal yang tidak hanya mengatasi keluhan kewanitaan, namun juga memiliki vitamin. Salah satunya yaitu ekstrak daun sirih yang memiliki vitamin C.

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup sering digunakan untuk mengatasi bau, gatal, serta keputihan. Daun tanaman ini juga dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan gangguan kesuburan.

Selain itu, manjakani yang dapat mengatasi keputihan juga memiliki kandungan vitamin A dan C. Bahan lainnya seperti kayu rapet, purwoceng, dan kunci pepet, akan membantu mengatasi masalah kewanitaan lain.

2. Diproduksi Dengan Kualitas yang Terjaga

Hal yang membuat Herbal AZZAHRA Naturindo bagus yaitu produksinya yang sudah mengikuti standar operasional prosedur (SOP). Naturindo sendiri merupakan produsen obat tradisional ternama, yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Maka dari itu, tidak hanya memiliki vitamin penyubur kandungan, Herbal AZZAHRA Naturindo juga dapat mengatasi masalah pada organ intim wanita. Infertilitas yang disebabkan oleh beberapa faktor akan dapat disembuhkan hingga tuntas.

Sebagai nutrisi yang esensial, menjaga kadar vitamin dalam tubuh merupakan hal yang wajib. Tidak hanya untuk menjaga kesuburan wanita maupun pria, namun juga untuk tulang, organ, serta kesehatan bagian tubuh lainnya.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.