SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

11 Manfaat Menakjubkan dari Minyak Gaharu

Manfaat Minyak Gaharu antara lain menjaga kesehatan psikis, melancarkan pencernaan, melawan sel kanker, meredakan alergi, mengobati insomnia, memperbaiki kulit rusak, mengobati jerawat, menunjang sistem pernafasan dan meredakan nyeri sendi. Manfaat lainnya termasuk melawan bakteri dan bertindak sebagai anti-oksidan alami.

Manfaat Minyak Gaharu

Minyak esensial gaharu adalah minyak esensial langka dan berharga yang banyak digunakan pada zaman kuno. Orang menggunakannya untuk berbagai tujuan termasuk penyembuhan spiritual dan pengobatan. Minyak ini dianggap sebagai salah satu minyak paling suci dalam ritual tradisional di berbagai agama dan telah disebutkan beberapa kali dalam Kitab Suci. Bahkan saat ini, minyak ini masih dianggap sebagai minyak yang ampuh dalam terapi aromatik.

Apa itu Minyak Gaharu?

Minyak ini biasanya diekstraksi dari pohon Gaharu, yang juga dikenal sebagai Oud, Gaharu, dan Aloeswood. Tanaman ini berasal dari India, namun dapat ditemukan di negara lain seperti Tiongkok Selatan, india, Malaysia, dan Thailand. Minyak gaharu tidak hanya digunakan karena wanginya yang sangat menarik, namun juga terkenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Inilah sebabnya mengapa obat ini banyak digunakan dalam pengobatan Unani, Tiongkok Tradisional, dan Asia Timur untuk mengobati berbagai masalah psikologis dan fisik.

Baca juga : Obat Herbal CARDIAFIT Naturindo (Spesial Perawatan Alami Jantung)

Komponen Utama Minyak Gaharu

  • Agarol (seskuiterpen)
  • Aquillochin (couinarinolignan)
  • α- agarofuran
  • β- agarofuran
  • Agarospirol
  • Jinkoho
  • Jinkohol-eremol
  • Selinen
  • Iso-dihidroagarofura
  • kusenol
  • Dihidroagarofuran

11 Manfaat Minyak Gaharu yang Menakjubkan bagi Kesehatan

1. Untuk Kesehatan Psikologis

Menjaga kesehatan psikologis sangat penting karena membantu berbagai fungsi kognitif. Sangat sedikit minyak atsiri yang mengandung khasiat yang diperlukan dalam hal ini. Minyak gaharu sarat dengan komponen yang diperlukan untuk otak Anda. Masalah psikologis seperti kemarahan, keputusasaan, dan kecemasan adalah hal biasa, namun menakutkan. Ada banyak obat yang tersedia untuk mengobati penyakit ini, namun obat tersebut mengandung sifat adiktif dan dapat menyebabkan berkembangnya berbagai efek samping yang melemahkan. Di sinilah peran minyak esensial Gaharu; Anda dapat menggunakannya di rumah atau memilih aromaterapi yang dilakukan oleh terapis profesional. Dalam kedua kasus tersebut, minyak ajaib ini bekerja dengan baik. Menurut para ahli, menghirup beberapa tetes minyak Gaharu dapat mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Memijat pelipis dengan minyak ini dapat membantu meredakan sakit kepala. Hal ini juga efektif untuk mengobati depresi. Namun jika kondisinya parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Baca juga : Brainovit untuk Usia Berapa: Menjaga Kesehatan Otak dengan Herbal Pegagan

2. Untuk Pencernaan yang Baik

Gangguan pencernaan sering terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan pada bayi. Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh karena menguras tenaga dan bisa jadi merupakan gejala masalah perut yang parah. Minyak Gaharu yang ajaib memiliki potensi untuk mengobati masalah perut yang umum seperti pencernaan, kembung, diare, dll. Minyak ini secara alami mengandung komponen diuretik, pencahar, dan anti-diare yang menjadikannya ideal untuk masalah pencernaan.

Menjadi agen diuretik, minyak Gaharu melancarkan buang air kecil, yang diperlukan untuk membuang racun, garam berlebih, lemak, dan air. Inilah beberapa faktor yang berkontribusi terhadap berbagai masalah perut. Selain itu, mengoleskan beberapa tetes minyak esensial Gaharu pada perut juga membantu meredakan kram biasa dan kram menstruasi.

Baca juga : Obat Herbal MUCOSAFIT Naturindo (Spesial Atasi Lambung & Pencernaan)

3. Melawan Sel Kanker

Mengenai khasiatnya yang ampuh, telah dilakukan percobaan oleh Pharmacognosy Research untuk mengetahui apakah minyak Gaharu efektif mengobati kanker atau tidak. Penelitian mengungkapkan bahwa minyak tersebut cukup ampuh untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara agar tidak menyebar lebih jauh di tubuh Anda. Namun, masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menentukan perlindungannya terhadap penyakit menakutkan seperti kanker.

4. Meredakan Alergi

Alergi benar-benar menjengkelkan dan menguras tenaga pada saat yang bersamaan. Menjadi minyak anti-alergi, minyak ini telah digunakan dalam obat-obatan herbal selama beberapa dekade. Dan kini banyak digunakan dalam aromaterapi untuk mengatasi berbagai alergi. Jika Anda bosan dengan bersin terus menerus, mata gatal dan pilek, Anda perlu mencoba minyak esensial Gaharu. Ini akan membantu meringankan rasa gatal atau iritasi pada mata Anda dan akan melawan faktor penyebab bersin yang tidak terkendali.

5. Untuk Insomnia

Insomnia merupakan penyakit yang melemahkan kesehatan karena kurang tidur berkontribusi terhadap banyak komplikasi kesehatan yang mengerikan dan bahkan kematian dini. Anda perlu mengobati insomnia seperti Anda mengobati penyakit lainnya. Meski tidak dianggap sebagai penyakit, kelainan ini tidak boleh diabaikan. Para ahli menyarankan aromaterapi untuk penderita insomnia karena dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres. Merupakan obat penenang alami sehingga aman digunakan di rumah. Anda bisa menghirupnya langsung dari botolnya atau mencampurkannya dengan minyak lain seperti lavendel dan kamomil untuk mengatur pola tidur Anda.

6. Untuk Kulit Rusak

Mengekspos kulit Anda di bawah sinar matahari tanpa memakai tabir surya, tidak menghapus riasan sebelum tidur, atau menggunakan produk perawatan kulit yang banyak mengandung bahan kimia adalah beberapa faktor yang merusak kulit. Kulit Anda secara alami sensitif dan membutuhkan banyak perlindungan dan nutrisi. Selain itu, faktor lain seperti konsumsi makanan olahan, radikal bebas, dan lain-lain juga berhubungan dengan rusaknya kulit. Pakar kecantikan kerap menyarankan produk alami untuk menutrisi kulit Anda. Di sinilah minyak Gaharu bisa membantu. Cukup masukkan ke dalam rutinitas kecantikan Anda dan dapatkan kulit mulus. Ini masuk jauh ke dalam pori-pori kulit Anda dan meremajakan sel-sel kulit yang rusak.

7. Mengobati Jerawat

Jika kulit Anda rentan berjerawat, Anda perlu membeli minyak esensial Gaharu. Ia sarat dengan sifat antibakteri yang akan melawan bakteri penyebab jerawat. Dan anti inflamasinya diketahui memiliki efek menenangkan pada kulit Anda.

8. Untuk Sistem Pernapasan

Infeksi dan bakteri sering kali memengaruhi sistem pernapasan Anda yang menyebabkan batuk dan demam. Minyak Gaharu dikatakan sebagai minyak yang ampuh untuk mengatasi masalah saluran pernapasan. Menurut para ahli, komponen yang terdapat pada minyak Gaharu juga aman untuk meredakan dada tersumbat. Selain itu, Anda juga bisa menghirupnya untuk menghilangkan iritasi pada tenggorokan yang disebabkan oleh batuk terus menerus.

9. Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi dan otot sering terjadi pada orang lanjut usia. Mereka terlalu rentan untuk mengikuti berbagai kursus kedokteran; Oleh karena itu, para ahli menyarankan pijatan kepada mereka. Pijat teratur dan lembut dengan minyak esensial Gaharu dapat meredakan nyeri sendi.

10. Anti bakteri

Sifat anti bakteri yang terdapat pada minyak ajaib aman untuk mengobati luka, sayatan pisau, luka bakar atau bahkan gigitan serangga. Dan komponen penyembuhan berkontribusi mempercepat proses pemulihan.

11. Berfungsi sebagai Anti-Oksidan Alami

Minyak gaharu dikatakan bekerja sebagai antioksidan. Ia berpotensi melawan bakteri menular, sel kanker, dan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Efek Samping Minyak Gaharu

Minyak gaharu telah menjadi bagian dari berbagai budaya selama berabad-abad. Itu masih belum sepenuhnya aman untuk tubuh Anda. Disarankan agar Anda tidak mencoba menelannya. Dan hindari mengobati iritasi mata dengan minyak tersebut.

Intinya

Manfaat kesehatan dari minyak Gaharu tidak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, mulailah memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda dan tingkatkan kualitas hidup Anda.

Tulis Komentar

Konsultasi Yuk