SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

9 Pantangan Kolesterol Tinggi untuk Hidup Sehat

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Mengontrol kadar kolesterol dengan diet sehat menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berikut 9 pantangan kolesterol tinggi yang perlu Anda perhatikan:

 

  1. Gorengan:

Gorengan mengandung kalori dan lemak trans/lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hindari gorengan dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti rebus, kukus, atau panggang.

  1. Makanan Cepat Saji:

Makanan Cepat Saji juga mengandung lemak jenuh atau lemak trans dan gula yang tinggi sehingga dapat memicu kolesterol tinggi. Batasi konsumsi makanan cepat saji dan pilih makanan yang lebih sehat seperti salad, sup, atau sandwich gandum utuh.

  1. Daging Olahan:

Daging Olahan seperti Burger dari bahan utama daging merah yang mengandung lemak jenuh yang tinggi. Pilih daging tanpa lemak atau daging putih seperti ayam tanpa kulit dan ikan sebagai alternatif yang lebih sehat.

  1. Jeroan:

Penderita kolesterol disarankan untuk membatasi konsumsi jeroan karena mengandung kadar kolesterol dan purin yang tinggi. Walaupun kaya akan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh, pilih sumber zat besi lain seperti bayam, kacang-kacangan, dan lentil.

  1. Kulit Ayam:

Kulit Ayam merupakan lemak, apalagi jika pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak, maka jumlah kalori dan kolesterol pun semakin meningkat. Hindari konsumsi kulit ayam dan pilih bagian daging ayam tanpa kulit.

  1. Kuning Telur:

Disarankan untuk membatasi konsumsi satu butir telur dalam satu hari untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang, karena kuning telur mengandung kolesterol cukup tinggi. Pilih putih telur yang lebih rendah kolesterol dan kaya protein.

  1. Udang:

100 gram udang mentah mengandung 189 miligram kolesterol, lebih dari setengah asupan kolesterol harian. Oleh karena itu, disarankan untuk dihindari atau dibatasi konsumsinya. Pilih sumber protein laut lain seperti ikan salmon, tuna, atau sarden kaleng tanpa minyak.

 

  1. Sarden:

Diketahui dalam 1 ons sarden terdapat sebanyak 40 mg kolesterol. Apabila dikonsumsi secara berlebihan maka kadar kolesterol dalam tubuh cepat meningkat. Batasi konsumsi sarden dan pilih sumber protein lain yang lebih rendah kolesterol.

 

  1. Makanan Manis:

Makanan manis mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi karena campuran mentega di dalamnya, yang dapat meningkatkan kadar trigliserida darah atau lemak darah (lipid). Pilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yogurt rendah lemak, atau kacang-kacangan.

Menjaga pola makan dengan menghindari pantangan kolesterol tinggi dan memilih makanan sehat adalah langkah awal untuk hidup bebas kolesterol dan Konsumsi rutin Biolipid 2 kapsul 3x sehari. Biolipid dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, rasa kesemutan, dan tegang bahu dan leher. Jangan Lupa Konsultasikan kondisi Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Konsultasi Yuk