SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

Mitos & Fakta Jerawat yang Harus Anda Ketahui

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan orang dewasa. Meskipun tidak berbahaya, jerawat dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Banyak mitos beredar tentang jerawat, mulai dari penyebabnya hingga cara mengobatinya. Beberapa mitos tersebut bahkan dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin parah.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa mitos dan fakta jerawat yang perlu Anda ketahui.

                       Sumber foto: Canva

Mitos: Cokelat Menjadi Penyebab Jerawat

Faktanya, cokelat tidak menyebabkan jerawat. Cokelat mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi kulit, seperti antioksidan dan anti-inflamasi. Flavonoid dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Namun, cokelat dapat menjadi penyebab jerawat jika Anda alergi atau sensitif terhadapnya. Jika Anda mengalami jerawat setelah mengonsumsi cokelat, sebaiknya hindari konsumsi cokelat.

Mitos: Tidak Boleh Memakai Makeup saat Berjerawat

Faktanya, tidak ada larangan untuk menggunakan makeup saat berjerawat. Namun, pemilik kulit sensitif atau berjerawat dapat menggunakan produk kecantikan dengan label noncomedogenic. Produk kecantikan noncomedogenic tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, pastikan Anda membersihkan makeup sebelum tidur. Makeup yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Mitos: Sering Cuci Muka itu Baik

Faktanya, kebanyakan sabun cuci muka mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit. Jika Anda mencuci muka terlalu sering, kulit Anda dapat menjadi kering dan iritasi.

Cuci mukalah dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Mitos: Stres Menjadi Penyebab jerawat

Faktanya, stres dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Stres dapat menyebabkan produksi hormon androgen meningkat. Hormon androgen dapat merangsang produksi minyak di kulit dan menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik agar jerawat tidak semakin parah. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, atau mendengarkan musik.

Itulah beberapa mitos dan fakta jerawat yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui mitos dan fakta tersebut, Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat memperburuk jerawat. Anda juga bisa mengonsumsi Azzahra untuk mengurangi jerawat bisa jadi kemungkinan jerawatmu berasal dari hormon. Maka, Azzahra bisa bantu untuk menjaga kestabilan hormon kamu.

Yuk Konsultasikan keluhanmu sekarang juga!

Konsultasi Yuk