...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Apa Nama Obat Cepat Haid di Apotik? Ini Dia Jawabannya!

Apa nama obat cepat haid di apotik? Itu adalah pertanyaan yang seringkali muncul bagi kaum hawa. Pasalnya, telat datang bulan tidak hanya membuat tubuh menjadi tidak nyaman, namun juga seringkali membuat cemas.

Apa nama obat cepat haid di apotik

Apa nama obat cepat haid di apotik

Pasalnya, ada kondisi kesehatan tertentu yang membuat haid menjadi tidak lancar. Lalu, apa penyebab dari datang bulan yang tidak lancar, bagaimana cara mengatasinya, dan apa nama obat cepat haid di apotik? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

Penyebab Siklus Haid Tidak Lancar

Apa nama obat cepat haid di apotik? Pertanyaan tersebut sering timbul di kalangan kaum hawa. Hal ini karena beberapa wanita kerap kali mengalami haid yang tidak lancar.

Padahal, ada baiknya kenali dulu apa penyebab haid bisa tidak lancar, barulah mencari tahu obatnya. Ketahui apa saja penyebab siklus menstruasi yang tidak lancar, berikut ini:

  • Penggunaan alat kontrasepsi.
  • Adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh.
  • Amenorrhea atau tidak terjadinya haid pada periode tertentu.
  • Gaya hidup.
  • Pengelolaan stress yang tidak baik dan bijak.
  • Berat badan tidak ideal, baik itu obesitas maupun kurangnya berat badan.
  • Awal menopause.
  • Olahraga berlebihan.
  • Sedang menyusui.

Siklus Haid Tidak Lancar Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Selain penyebab di atas, ada juga beberapa penyakit yang bisa menyebabkan siklus menstruasi pada wanita menjadi tidak lancar. Adapun penyakit yang bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur, diantaranya:

1. PCOS

Haid yang seringkali telat bisa jadi tanda adanya penyakit PCOS atau sindrom ovarium polikistik. Hal ini karena ciri-ciri dari wanita yang mengidap PCOS adalah menstruasi yang sering telat, bahkan berbulan-bulan serta mengalami pendarahan yang hebat ketika haid.

Kemudian, adanya pertumbuhan rambut yang berlebihan pada bawah hidung, dagu, dan juga wajah. Kondisi ini ditemukan pada 70% wanita yang mengidap PCOS. Ciri lainnya adalah meningkatkan berat badan, penipisan rambut, dan banyak timbul jerawat.

2. Gangguan Tiroid

Hipotiroidisme atau kondisi dimana tiroid kurang aktif juga dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Pasalnya, tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Ketika kelenjar ini terganggu, maka berimbas pada siklus menstruasi.

Selain itu, gangguan tiroid juga dapat menyebabkan nyeri atau kram saat haid serta terjadinya perdarahan hebat ketika menstruasi. Wanita yang mengalami gangguan tiroid biasanya mudah lelah, dan lebih sensitif terhadap cuaca yang dingin.

3. Endometriosis

Kondisi dimana jaringan yang harusnya melapisi rahim namun malah tumbuh di area luar rahim, ini yang dinamakan dengan endometriosis. Jika wanita menderita endometriosis, maka tidak hanya siklus haid yang kacau, tetapi juga nyeri haid ekstrem, dan perdarahan hebat.

Kemudian, ciri-ciri lain yang dapat dirasakan adalah nyeri saat buang air besar serta saat dan setelah berhubungan seksual.

4. Penyakit Radang Panggul

Salah satu infeksi yang terjadi pada sistem reproduksi wanita yaitu radang panggul. Pada wanita, penyakit ini merupakan komplikasi dari infeksi menular seksual yang serius.

Penyakit radang panggul tidak hanya mengganggu siklus menstruasi, tetapi juga menyebabkan nyeri kronis dan paling parahnya dapat merusak rahim. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan lebih lanjut, tidak hanya mencari tahu apa nama obat cepat haid di apotik?

5. Kanker

Dalam kondisi yang jarang terjadi, penyakit lainnya yang dapat mengganggu siklus haid adalah kanker serviks atau rahim. Namun, itu hanyalah ciri awalnya saja. Jika sudah serius, kanker rahim ditandai dengan pendarahan yang terjadi di luar siklus menstruasi.

Cara Mengatasi Agar Cepat Haid

Ternyata siklus menstruasi yang tidak lancar bisa jadi merupakan tanda-tanda penyakit yang butuh penanganan serius. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara mandiri, yaitu:

1. Konsumsi Vitamin C dan D

Menstruasi bisa lancar apabila asupan vitamin telah terpenuhi. Oleh karena itu, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C dan D. Pasalnya, kedua vitamin tersebut dapat berfungsi untuk melancarkan menstruasi.

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kadar hormon estrogen yang dapat mengatur siklus menstruasi. Sementara itu, vitamin D berguna untuk mengatur waktu ovulasi.

Kedua vitamin tersebut banyak terdapat pada buah dan sayuran, seperti jamur, jeruk, jambu biji, bayam, brokoli, tomat, dan lain-lain. Kemudian, vitamin D juga bisa didapat secara alami dengan berjemur di pagi hari.

2. Olahraga

Cara lainnya yang bisa dilakukan agar cepat haid yaitu rutin melakukan olahraga. Pasalnya, jika rutin berolahraga, maka otot akan rileks dan mengendur sehingga membantu siklus menstruasi datang lebih cepat daripada biasanya.

Kemudian, olahraga juga dapat memulihkan hormon yang tidak seimbang serta diperlukan oleh tubuh sehingga siklus haid menjadi lebih teratur. Selain itu, olahraga juga dapat membuat tubuh lebih fit dan bugar serta mengubah suasana hati yang mempengaruhi kesuburan.

3. Melakukan Pijatan

Banyak wanita yang bertanya-tanya, apa nama obat cepat haid di apotik? Padahal salah satu cara yang bisa dilakukan agar cepat haid tanpa obat yaitu dengan melakukan pijatan di beberapa titik. Misalnya yaitu, pada bagian pundak yang terasa berat, punggung tangan, kaki, maupun bagian kepala.

Cara ini bisa dicoba agar tubuh merasa lebih nyaman dan rileks. Kemudian, akan menstimulasi rahim agar mengeluarkan menstruasi. Namun, lakukan secara perlahan dan jangan tergesa-gesa agar tidak menimbulkan rasa nyeri.

4. Berhubungan Seks

Orgasme atau melakukan hubungan seks juga dapat mempercepat haid. Pasalnya, saat orgasme, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat merangsang menstruasi dan juga menyebabkan rahim berkontraksi.

Ketika terjadi kontraksi rahim, maka servis melebar sehingga dapat memicu pelepasan menstruasi.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Berdasarkan penelitian, asam folat dapat berfungsi untuk membuat siklus haid lebih stabil. Adapun asam folat dapat diperoleh dengan cara dikonsumsi dari makanan sehari-hari maupun dalam bentuk suplemen.

6. Relaksasi

Dengan melakukan relaksasi, maka stress dapat dikelola dengan baik. Pasalnya, jika mengalami stress, maka siklus menstruasi akan terpengaruh dan datang bulan akan terlambat.

Oleh karena itu, cobalah untuk memanage stress dengan cara yoga, bersantai di alam terbuka, melakukan meditasi, atau spa. Atau, bisa juga melakukan hobby yang membuat hati bahagia.

Apa Nama Obat Cepat Haid di Apotik?

Ada banyak obat yang mengklaim dirinya dapat melancarkan haid. Namun, pilihlah yang aman dan terjamin kualitasnya, salah satunya adalah obat herbal Azzahra dari Naturindo Fit.

Selain dapat melancarkan jadwal menstruasi, Azzahra juga dapat mengatasi keputihan berlebih dan disertai rasa gatal, nyeri saat menstruasi, serta kesuburan yang bermasalah. Bagi yang ingin melakukan program hamil juga dapat mengkonsumsi Azzahra.

Tidak perlu khawatir akan kualitasnya karena Azzahra mengandung herbal alami, seperti daun sirih, manjakani, kunci pepet, kulit kayu rapet, dan antanan gunung yang dapat mengatasi masalah kewanitaan.

Keamanannya juga tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji klinis dan legalitasnya lengkap (terdapat nomor registrasi BPOM). Selain itu, Azzahra juga telah tersertifikasi halal. Oleh karena itu, tidak usah lagi mencari apa nama obat cepat haid di apotik? Karena Azzahra jawabannya.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.