Jamu Telat Haid yang Praktis dan Dijamin Aman

Jamu Telat Haid yang Praktis dan Dijamin Aman

Bagi kebanyakan wanita, telat haid tidak hanya menimbulkan rasa cemas tetapi juga rasa tidak nyaman di tubuh. Oleh karena itu, banyak yang mencari jamu telat haid untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Jamu Telat Haid

Jamu telat haid ternyata bisa dibuat di rumah menggunakan bahan-bahan alami tradisional, seperti jahe, kunyit, kayu manis, kencur, dan lain sebagainya. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara membuatnya, ketahui dulu gejala telat haid berikut ini:

1. Gejala Seorang Wanita Telat Haid

Siklus menstruasi yang normal adalah berkisar antara 21 hingga 35 hari sekali. Namun, bagi wanita yang tidak mengeluarkan darah dari vagina pada periode waktu yang seharusnya, yakni selama satu bulan atau lebih, bisa dinamakan sebagai telat haid.

Atau, telat haid juga bisa dikatakan setelah lima hari atau lebih sejak tanggal menstruasi yang semestinya. Pada dasarnya, setiap wanita memiliki gejala telat haid yang berbeda-beda tergantung faktor penyebabnya.

Misalnya, 9% hingga 14% wanita akan mengalami terlambat haid/ siklus menstruasinya tidak teratur ketika periode awal menstruasi atau saat memasuki fase menopause.

Namun, umumnya mengalami gejala PMS/ premenstrual syndrome seperti ingin menstruasi, meskipun tidak mengalami haid. Selain tidak adanya pendarahan yang keluar dari vagina, gejala telat menstruasi yaitu:

  • Payudara terasa nyeri/ lebih sensitif.
  • Kram di bagian bawah perut.
  • Muncul jerawat.
  • Perut kembung.
  • Mudah letih dan lesu.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri di area pinggul.

2. Apa Manfaat Jamu Telat Haid?

Di atas telah diketahui beberapa gejala jika terlambat datang bulan. Tentunya gejala tersebut membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan mengkonsumsi jamu telat datang bulan.

Adapun manfaat mengkonsumsi jamu telat menstruasi adalah untuk mengobati keterlambatan datang bulan. Selain itu juga untuk melancarkan siklus haid.

Cara kerjanya biasanya adalah dengan mengatur ketegangan otot sehingga memicu kontraksi rahim. Oleh karena itu, pastikan untuk mengkonsumsi jamu terlambat datang bulan secara wajar dan pastikan tidak dalam keadaan hamil karena dapat membahayakan ibu hamil dan janin.

3. Jamu Pelancar Haid Alami

Salah satu cara untuk melancarkan haid yakni dengan mengkonsumsi jamu sebagai pelancar menstruasi. Di bawah ini adalah beberapa jamu pelancar haid alami yang mudah dibuat di rumah:

a. Jamu Jahe, Kayu Manis, dan Madu

Jahe tidak hanya dapat menghangatkan tubuh tetapi juga dapat melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, jahe juga dapat meringankan rasa nyeri saat menstruasi. Jika tertarik untuk membuat jamu dari jahe, caranya sangat mudah.

Siapkan jahe yang sudah dicuci bersih, dikupas kulitnya, dan dimemarkan. Kemudian, rebus air, masukkan jahe serta kayu manis, dan tunggu hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan tersebut diberi madu, dan minum selagi hangat.

b. Jamu Kayu Manis

Wanginya yang harum membuat kayu manis seringkali menjadi bumbu masakan atau kue. Namun, kayu manis juga berkhasiat untuk melancarkan haid dan mengurangi ketidaknyamanan saat haid.

Pasalnya, kayu manis dapat meningkatkan endorphin, menurunkan prostaglandin, serta memperlancar aliran darah. Untuk membuat jamu kayu manis sangat mudah yaitu dengan merebus air putih hingga mendidih.

Kemudian, masukkan kayu manis (bisa dalam bentuk batang atau bubuk), dan masak hingga airnya berubah coklat kemerahan. Ketika sudah mendidih, matikan api dan bisa disaring. Setelah itu, minumlah ramuan kayu manis ini tiga kali sehari, sesuai kebutuhan.

c. Jamu Kunyit Asam

Di Indonesia, salah satu jamu telat haid yang sangat populer adalah jamu kunyit asam. Pasalnya, kunyit mengandung emmenagogue yang berguna untuk menstimulasi aliran darah pada rahim.

Kemudian, kunyit juga mempunyai efek antispasmodic yang dapat merangsang menstruasi. Jika ingin membuat jamu kunyit asam, yang perlu disiapkan adalah kunyit, asam jawa/ air jeruk nipis, jahe, dan gula jawa.

Masaklah air dan masukkan jahe dan kunyit yang sudah dicuci bersih dan dimemarkan. Jika sudah mendidih, masukkan gula jawa dan air jeruk/ asam jawa. Aduk hingga rata dan minum saat hangat.

d. Jus Pepaya Mengkal

Pepaya tidak hanya bisa mengatasi masalah konstipasi tetapi juga bisa membuat siklus menstruasi menjadi normal, terutama yang masih mengkal. Hal ini karena pepaya mengkal mampu membuat kontraksi otot rahim sehingga dapat menginduksi haid.

Jus pepaya mengkal bisa diminum setiap hari ketika jadwal menstruasi tidak teratur. Namun, hindari minum jus semangka mengkal saat menstruasi karena dapat membuat otot mudah kejang dan membuat nyeri saat haid.

e. Teh Ginseng

Selama bertahun tahun, teh ginseng dipercaya dapat mengurangi kram karena ginseng memiliki efek yang mendinginkan. Selain itu, ginseng juga dapat melancarkan menstruasi. Cara membuat teh ginseng sangat mudah, yaitu dengan merendam ginseng dengan air hangat.

Atau, jika ingin praktis bisa mengkonsumsi teh ginseng yang banyak dijual dipasaran. Namun, pastikan teh tersebut menggunakan ginseng alami dan tidak ada bahan campuran lainnya.

f. Jamu Beras Kencur

Bahan dapur yang juga bisa dijadikan jamu telat haid adalah kencur. Pasalnya, kencur memiliki kandungan senyawa alkaloid serta minyak atsiri yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Untuk membuat jamu beras kencur, siapkan kencur yang sudah dikupas. Kemudian, tumbuh dengan daun trengguli, cengkeh tua, dan adas. Rebus bahan-bahan tersebut dengan air hingga mendidih. Setelah itu, menyaring air rebusan tersebut dan bisa dikonsumsi dua kali sehari.

g. Jamu Cuka Sari Apel

Dengan mengkonsumsi cairan cuka sari apel, tubuh menjadi basa sehingga dapat menstimulasi menstruasi. Kemudian, cuka sari apel juga bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Bagi pengidap PCOS juga cocok untuk mengkonsumsi cuka sari apel. Bagi yang tahan dengan aromanya, cuka sari apel bisa dikonsumsi begitu saja. Namun, cuka sari apel juga bisa dikonsumsi dengan air hangat agar aromanya tidak terlalu menyengat.

h. Jus Nanas

Jika tidak menyukai herbal, jus nanas bisa menjadi alternatif pilihan yang baik sebagai jamu pelancar haid. Pasalnya, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang sifatnya anti peradangan.

Selain itu, nanas juga mengandung antioksidan yang mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Untuk membuat jus nanas sangat sederhana yaitu dengan menyiapkan nanas yang sudah dipotong dan dicuci bersih.

Kemudian, diblender nanas dengan air putih matang. Untuk mendapatkan rasa yang lezat, bisa menambahkan madu sebelum meminumnya.

4. Jamu Telat Haid yang Praktis dan Ampuh

Di atas telah diketahui beberapa resep ramuan telat haid yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Namun, jika ingin praktis dan terjamin keampuhannya, bisa mengkonsumsi Herbal Azzahra dari Naturindo Fit.

Azzahra mengandung tanaman obat alami, seperti kulit kayu rapet, daun sirih, manjakani, kunci pepet, dan antanan gunung. Oleh karena itu, Azzahra tidak hanya bisa mengatasi telat menstruasi saja tetapi juga keputihan, gatal pada miss V, nyeri haid, hingga masalah kesuburan.

Bahkan, bagi yang ingin menjalankan program hamil juga dapat mengkonsumsi Azzahra. Obat tradisional spesial masalah kewanitaan ini telah mengantongi izin BPOM dan berlabel halal sehingga aman dikonsumsi.

Dengan begitu, tidak perlu bingung lagi memilih jamu telat haid yang praktis, aman serta ampuh karena Azzahra jawabannya! Dapatkan kembali siklus haid yang teratur dengan mengkonsumsi Azzahra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *