...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

7 Makanan Penyubur Kandungan dan Cara Memelihara Kesuburan, Wajib Tahu!

Para wanita yang sedang dalam proses untuk memiliki anak, penting untuk mengetahui apa saja makanan penyubur kandungan. Pada usia subur, yaitu pada rentang 14-49 tahun, wanita cenderung mudah untuk hamil. Maka dari itu, wanita di usia subur harus menjaga kesehatannya.

Makanan Penyubur Kandungan

Makanan Penyubur Kandungan

Makanan penyubur kandungan yang dianjurkan adalah makanan-makanan yang banyak mengandung asam folat, protein, serat, vitamin D, karbohidrat, kalsium, dan juga B12. Nah, apa saja makanan yang direkomendasikan dan bagaimana menjaga kesuburan wanita? Simak artikel ini sampai habis.

Makanan Penyubur Kandungan

Makanan penyubur kandungan penting dikonsumsi oleh para wanita usia aktif dan produktif yang sedang dalam proses ingin memiliki anak. Menjaga kesuburan dan kesehatan kandungan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa dikonsumsi:

1. Buah-Buahan yang Memiliki Kandungan Vitamin C

Konsumsi berbagai buah yang mengandung vitamin C dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Salah satu yang paling populer adalah jeruk yang memang kaya akan nutrisi. Namun selain jeruk, buah-buahan lain yang dapat dikonsumsi adalah kiwi, tomat, strawberry, serta mangga.

Selain kandungan vitamin C-nya tinggi, buah-buahan di atas juga mengandung kalium, magnesium, kalsium, serta folat yang sangat dibutuhkan ketika sedang menjalankan program hamil. Buah-buahan tersebut bisa dibuat jus maupun dikonsumsi secara langsung tanpa tambahan gula atau bahan lainnya.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang tinggi asam folat serta kalsium baik untuk menyuburkan kandungan. Nutrisi dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, serta kailan. Pada sayuran hijau, terdapat zat-zat seperti kalsium, zat besi, vitamin, serta asam folat. Tidak hanya baik untuk kesuburan, sayuran hijau juga baik untuk produksi ASI.

3. Alpukat

Buah yang satu ini juga sudah lama dikenal sebagai lambang kesuburan tidak hanya untuk wanita namun juga pria. Alpukat mengandung banyak zat-zat baik seperti lemak baik, asam folat, kalium, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat.

Kandungan lemak baik dalam alpukat dapat membuat kadar serta fungsi hormon wanita dalam keadaan stabil. Sehingga, dalam proses hamil, konsumsi alpukat membantu menstabilkan hormon kehamilan bisa lebih mudah terjadi.

4. Ikan Salmon

Omega 3 dalam ikan salmon dikenal sebagai makanan penyubur kandungan. Selain itu, ikan salmon mengandung asam amino, protein, selenium, vitamin D, serta DHA yang tinggi. Konsumsi ikan salmon bisa melancarkan aliran darah ke organ reproduksi.

Pada saat kehamilan, konsumsi ikan salmon juga baik untuk perkembangan otak dan berat badan janin. Itu sebabnya, ikan salmon baik dikonsumsi bersama alpukat segar tanpa campuran apapun. Sedikit garam dan merica bisa ditambahkan namun tidak boleh berlebihan.

5. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki cukup banyak khasiat salah satunya menyuburkan kandungan. Dalam madu terdapat asam amino yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh dan kandungan. Tambahkan madu pada menu-menu sarapan untuk hasil yang terbaik.

6. Susu dan Produk Olahannya

Susu serta beberapa produk turunannya seperti yoghurt dan keju memiliki khasiat yang baik untuk kesuburan. Makanan ini merupakan yang direkomendasikan untuk menyuburkan kandungan karena kaya kandungan kalsium, vitamin D, asam folat, lemak baik, dan fosfor.

7. Tiram

Makanan laut yang satu ini baik untuk menyuburkan kandungan. Tiram memiliki kandungan mineral seperti zinc, kalsium, kalium, dan zat besi yang tinggi. Tidak hanya untuk wanita, namun tiram juga baik untuk meningkatkan kualitas sperma pria. Selain itu, tiram juga bisa meningkatkan stamina.

Cara Memelihara Kesuburan

Selain mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan, terdapat perilaku hidup atau gaya hidup yang harus diterapkan jika ingin tetap subur. Kesuburan penting bagi pria dan wanita terutama pasangan muda dalam usia produktif.

Namun, kesuburan pun memiliki periode yang bisa menurun seiring pertambahan usia. Menurut data yang dihimpun WHO, usia subur untuk wanita adalah ketika usia 14-49. Sedangkan pada pria, kualitas sperma mencapai puncaknya adalah pada rentang usia 30-35 tahun.

Guna menjaga organ reproduksi tetap berfungsi dengan baik dan kesuburan tetap terjaga, perlu diterapkan perilaku dan gaya hidup yang baik juga. Berikut ini adalah cara memelihara kesuburan yang dianjurkan:

1. Rutin dan Teratur Berolahraga

Kesehatan rahim dapat dijaga dengan rutin berolahraga namun jangan yang high-impact. Lakukan olahraga ringan namun teratur seperti berenang, jalan kaki, pilates, serta jogging. Olahraga bisa membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Hasilnya, berat badan bisa terjaga.

Perlu diketahui bahwa menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satu kunci dari kesuburan. Untuk wanita yang sedang dalam program hamil, tidak dianjurkan untuk memiliki kelebihan atau kekurangan. Berat badan penting untuk mempersiapkan tubuh menuju kehamilan.

2. Tidak Menahan Buang Air Kecil

Bagi wanita, menahan buang air kecil sama saja dengan membiarkan kuman yang seharusnya dibuang masuk ke kandung kemih. Akibatnya, bisa terjadi infeksi saluran kencing karena kuman dan bakteri yang berkembang biak di sana.

Infeksi saluran kencing bisa berakibat fatal bagi kesuburan wanita. Pasalnya, kuman dan bakteri yang telah menginfeksi saluran kencing bisa menginfeksi juga vagina. Akibatnya, kesehatan rahim serta organ reproduksi lain bisa terganggu.

3. Menerapkan Kehidupan Seks yang Sehat

Seks sebagai kebutuhan dasar manusia harus dilakukan secara sehat dan benar. Perilaku seks yang sehat dan benar dicerminkan dengan tidak bergonta-ganti pasangan. Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom juga disarankan agar tidak tertular penyakit seksual.

Perilaku after sex yang baik juga bisa menjaga organ reproduksi tetap sehat. Disarankan untuk segera membersihkan organ intim pasca berhubungan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari over humidity, serta mencegah kuman dan bakteri tertinggal disana yang bisa menyebabkan infeksi.

4. Mengonsumsi Suplemen

Suplemen untuk memelihara kesehatan organ reproduksi dan kesuburan bisa dikonsumsi. Tujuannya untuk memenuhi nutrisi tubuh apabila nutrisi tidak bisa dipenuhi dari konsumsi makanan harian. Suplemen umumnya mengandung nutrisi tambahan yang lengkap.

Salah satu suplemen yang baik dan aman dikonsumsi adalah produk-produk dari Naturindo. Azzahra Naturindo adalah suplemen untuk menjaga organ kewanitaan dan reproduksi yang terbuat dari bahan alami. Sebagai jamu modern, kandungan dari Azzahra bisa digunakan untuk menjaga kesuburan.

Azzahra juga cocok untuk wanita modern karena mudah dan praktis dikonsumsi. Hadir dalam bentuk kapsul dengan kemasan yang mudah dibawa kemana-mana. Azzahra dibuat dari beberapa bahan alami berikut:

  • Kunci Pepet 50 mg
  • Manjakani 50 mg
  • Kulit Kayu Rapet 50 mg
  • Daun Sirih 50 mg
  • Pimpinela pruatjan 50 mg

Khasiat Azzahra sangat banyak yaitu menjaga kesehatan organ kewanitaan, menguatkan otot-otot organ intim wanita, mencegah keputihan bau dan gatal, memelihara organ reproduksi, dan mengatasi keluhan nyeri haid.

Konsumsi Azzahra bisa dilakukan rutin setiap hari, karena tidak adanya efek samping untuk penggunaan jangka panjang. Untuk itu, Azzahra bisa dijadikan makanan penyubur kandungan tambahan yang alami dan praktis. Jangan lupa untuk menerapkan pola makan dan pola hidup sehat, ya.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.