...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Kenali Jenis Obat Memperlancar Haid di Apotik Pada Umumnya

Mengobati haid kurang lancar, dapat diatasi dengan menggunakan obat memperlancar haid di apotik. Akan tetapi, belum tentu banyak wanita yang mengetahui mana yang termasuk obat pelancar haid atau bukan. Ternyata, jenis-jenisnya cukup beragam.

obat memperlancar haid di apotik

Seperti yang diketahui, tidak semua wanita yang mengalami siklus menstruasi atau haid yang sempurna. Faktanya, prevalensi dari haid yang tidak normal dapat berkisar di antara 5% – 35.6%, berdasarkan studi Y Kwak, et al (2019).

Haid yang tidak lancar juga dapat menjadi indikasi dari kesehatan dan kondisi wanita itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya bagi setiap wanita untuk mengetahui cara mengatasinya dengan menggunakan obat pelancar haid di apotik.

Pentingnya Mengetahui Haid yang Kurang Lancar

Dalam masa reproduksi, wanita akan mengalami yang namanya siklus menstruasi. Pada siklus ini, produksi hormon dan struktur dalam rahim akan mengalami perubahan hingga empat fase. Siklus ini terjadi pada wanita yang sedang tidak mengandung.

Umumnya, lamanya siklus haid di antara 21 – 35 hari tergantung dari kadar hormon estrogen dan progesteron. Apabila menstruasi belum terjadi lebih dari 35 hari, maka bisa dikatakan bahwa haid kurang lancar.

Adapun penyebab kondisi tidak normal ini cukup beragam, mulai dari perubahan hormon, kondisi tubuh yang stres, hingga masalah pada tiroid. Untuk beberapa kasus, haid yang kurang lancar hingga absen, dapat menjadi gejala penyakit serius.

Ketika haid yang kurang lancar merupakan kondisi yang tidak terlalu berbahaya, haid yang dibarengi dengan gejala lain akan perlu diwaspadai. Inilah yang membuat mengapa haid yang kurang lancar penting untuk diketahui bagi setiap wanita.

Apa Ciri-Ciri Haid yang Perlu Diobati Segera?

Saat mengalami haid yang kurang lancar, wanita mungkin mengalami beberapa keluhan kecil. Akan tetapi, setiap kondisi wanita berbeda-beda, sehingga tidak ada yang dapat menebak pasti mengenai penyebab haid yang kurang lancar tersebut.

Maka dari itu, wanita yang mulai merasakan gejala-gejala tertentu dianjurkan untuk segera mendapatkan pengobatan medis. Adapun ciri-ciri haid yang perlu mendapatkan obat memperlancar haid di apotik yaitu:

  • Lamanya menstruasi atau haid yang hingga mencapai 90 hari atau lebih. Menstruasi yang tiba-tiba berhenti juga merupakan gejala penyakit yang serius seperti amenorrhea.
  • Menstruasi yang dibarengi dengan rasa nyeri, mual, hingga pendarahan. Kondisi ini dapat menjadi parah apabila tidak ditangani segera.
  • Merasa kelelahan, berat yang berubah-ubah, serta kuantitas rambut rontok yang meningkat. Hal ini dapat merupakan pertanda dari adanya masalah pada kelenjar tiroid.

Apabila wanita merasakan salah satu atau beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis. Jangan sampai gejala-gejala ini dibiarkan berlarut, karena kemungkinan kondisinya akan semakin buruk.

Baca juga : Mengenal Obat Telat Haid Naturindo serta Beragam Khasiatnya

Jenis-Jenis Obat Memperlancar Haid di Apotik

Untungnya, masalah siklus menstruasi seperti haid yang kurang lancar masih bisa diatasi dengan obat. Tetapi, umumnya obat-obat yang dipakai hanya dijual di apotik. Hal tersebut dikarenakan obat ini tidak bebas dijual belikan tanpa resep dokter.

Namun sebagai informasi, ada terdapat beberapa jenis obat yang dikenal mampu mengatasi telat haid maupun kurang lancar. Berikut ketiga jenis obat yang memiliki cara kerja tersendiri, untuk mengobatinya:

1. Obat Peningkat Hormon

Obat yang dikenal dapat melancarkan haid kembali yaitu obat hormon. Jenis obat ini diberikan oleh dokter untuk menangani masalah haid yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon, serta kondisi medis tertentu.

Sebagai contoh, obat yang mengandung progestin akan dapat mengatasi gejala penyakit PCOS, atau dikenal sebagai sindrom polikistik ovarium. Kondisi ini membuat hormon androgen menjadi berlebihan, sehingga membuat sel telur tidak berkembang.

Adapun jenis obat hormon lainnya yang dipakai yaitu bromocriptine. Senyawa ini akan mengatasi haid yang disebabkan produksi hormon prolaktin yang terlalu berlebihan, sehingga dapat dijadikan sebagai obat pelancar haid.

2. Obat untuk Gangguan Ovulasi

Pada beberapa kasus, haid yang tidak lancar pun juga dapat disebabkan oleh masalah pada ovulasi. Ovulasi merupakan pengeluaran sel telur dari ovarium menuju tuba falopi untuk dibuahi. Proses ini penting untuk siklus menstruasi yang lancar.

Apabila bermasalah, maka obat yang mengandung clomifene akan diberikan oleh dokter. Cara kerja obat ini yaitu meningkatkan LH (luteinizing hormone) serta FSH (follicle stimulating hormone),untuk membantu proses ovulasi.

3. Obat dari Bahan Tradisional

Obat memperlancar haid di apotik selanjutnya yaitu obat-obatan yang menggunakan berbagai bahan alami. Untuk obat tradisional yang disediakan juga beragam, mulai dari bentuk kapsul, jamu, dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan dua jenis di atas, obat dengan bahan alami dapat dijual tanpa menggunakan resep dokter. Hal ini karena obat tradisional digunakan sebagai alternatif, apabila wanita tidak dapat menggunakan obat kimia karena kondisi medis tertentu.

Baca juga : Jamu Telat Datang Bulan Paling Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Bagaimana Cara Menjaga Siklus Haid agar Tetap Lancar?

Meski obat untuk memperlancar haid di apotik dapat menjadi solusi efektif, mencegah tentu masih lebih baik dari mengobati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan setiap hari untuk menjaga siklus haid yang lancar:

  • Melakukan meditasi atau yoga setiap hari. Menurut studi Su-Ying Tsai (2017) mengenai efek yoga, wanita yang melakukan yoga selama 12 minggu dapat mengurangi berbagai gejala pre-menstruasi.
  • Menjaga berat badan yang normal. Pasalnya, wanita dengan berat badan berlebih (obesitas) memiliki masalah haid lebih besar. Hal ini dikarenakan tingginya hormon estrogen dan insulin dari lemak.
  • Menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Contohnya seperti merokok dan minum minuman beralkohol yang dikenal mempengaruhi kesehatan organ intim wanita.

Rekomendasi Obat untuk Memperlancar Haid yang Aman Digunakan

Seperti penjelasan di atas, obat tradisional merupakan salah satu obat memperlancar haid di apotik. Namun perlu diingat, kini sudah begitu banyak sekali produsen obat tradisional dengan berbagai produknya.

Hal ini membuat sebagian masyarakat cukup bingung dalam menentukan mana obat yang paling berkhasiat, terutama untuk memperlancar haid. Maka dari itu, wanita dapat memilih produk Herbal AZZAHRA Naturindo untuk mengobatinya, karena:

1. Memiliki Beragam Khasiat

Herbal AZZAHRA Naturindo merupakan obat tradisional yang tidak hanya mengatasi masalah haid, namun juga masalah pada kewanitaan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan Herbal AZZAHRA Naturindo terbuat dari beberapa bahan alami seperti:

  • Manjakani, untuk mengatasi keputihan serta melangsingkan badan.
  • Kunci pepet, untuk mengurangi keputihan.
  • Rimpang kayu rapet, untuk melancarkan peredaran darah serta nyeri haid.
  • Daun sirih, untuk mengatasi gatal, bau, serta keputihan.
  • Purwoceng atau pimpinella pruatjan, untuk mengatasi infeksi dan meningkatkan gairah seksual.

2. Berasal dari Produsen Obat Terpercaya

Sebagian produsen obat tradisional, masih memiliki reputasi yang kurang diyakini. Namun, hal ini tentu tidak dengan Naturindo, yang sudah memproduksi obat herbal berkualitas selama 10 tahun. Produsen ini juga sudah mendapatkan surat izin edar.

Perihal Herbal AZZAHRA Naturindo, setiap kapsulnya telah diproduksi dengan mengikuti standar operasional prosedur (SOP). Produk Naturindo juga disertai dengan layanan cek kesehatan, untuk memastikan kondisi wanita yang mengonsumsi obat.

Kesimpulannya, Herbal AZZAHRA Naturindo dapat menjadi alternatif dari obat memperlancar haid di apotik yang layak direkomendasikan. Selama mengonsumsi obat dengan teratur, maka siklus haid akan kembali normal.

Siklus menstruasi tidak selamanya lancar, dan hal ini sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap wanita. Akan tetapi, selama kondisi tersebut dapat diatasi, maka segeralah obati dengan menggunakan obat pelancar haid yang tepat.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.