...
Pembelian Bulan Desember BONUS KALENDER 2024

Ketahui Obat Keputihan Gatal yang Aman dan Alami

Keputihan sejatinya adalah proses alami yang terjadi pada wanita yaitu keluarnya lendir dari vagina. Namun, jika vagina terkontaminasi dengan jamur, bakteri, dan kuman, maka keputihan bisa jadi masalah seperti timbul rasa gatal. Jika sudah begini, diperlukan obat keputihan gatal yang ampuh.

obat keputihan gatal

obat keputihan gatal

Mengatasi keputihan gatal sebenarnya bisa dilakukan dengan menerapkan suatu gaya hidup yang tentunya lebih sehat dan bersih. Perlu diketahui bahwa, pola makan juga harus dijaga.

Mau tahu makanan apa saja yang ternyata dapat menjadi pemicu keputihan gatal? Lalu bagaimana mengatasi keputihan gatal? Baca sampai habis artikel ini, ya!

Makanan Pemicu Keputihan Gatal

Keputihan yang gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari peningkatan pH di vagina karena humidity, infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi kuman, pola seks yang tidak baik, gaya hidup yang tidak higienis, hingga mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Beberapa makanan nyatanya justru memperparah gejala keputihan yang ada. Keputihan yang sebenarnya adalah proses alami tubuh bisa jadi masalah apabila terkontaminasi oleh zat-zat lain. Berikut ini merupakan beberapa makanan yang wajib dihindari karena bisa memicu keputihan jadi makin parah:

1. Makanan Manis dan Tinggi Gula

Saat sedang keputihan, usahakan untuk menghindari makanan dan minuman manis tinggi gula. Asupan manis bisa menyebabkan tumbuh dan berkumpulnya bakteri di Miss V. Bakteri yang berkembang ini dapat memperparah keputihan hingga menimbulkan rasa gatal.

2. Mentimun

Sudah lama diketahui bahwa mentimun adalah pemicu keputihan. Hal ini karena adanya kandungan gula yang cukup tinggi pada mentimun.

Meskipun rasanya segar apalagi jika dijadikan acar, sebaiknya sayuran yang satu ini dihindari apalagi jika sedang mengalami keputihan. Kandungan gula yang tinggi memicu pertumbuhan bakteri.

3. Gorengan

Hati-hati dengan gorengan karena makanan ini cenderung tinggi karbohidrat serta lemak. Karbohidrat yang tinggi bisa memicu kenaikan kadar gula dalam tubuh dan berpotensi memperparah keputihan.

Selain itu, minyak dalam gorengan adalah lemak jenuh seperti yang terkandung dalam junk food, fast food, dan soft drink.

4. Nanas

Meskipun buah yang satu ini tinggi vitamin C yang juga baik untuk peradangan dan daya tahan tubuh, kandungan gulanya tinggi.

Nanas sebaiknya dihindari ketika sedang dalam masa keputihan karena tingginya gula bisa memperparah keputihan. Kemudian, tingkat keasaman nanas tinggi sehingga bisa mempengaruhi kondisi pH di vagina.

Bahaya Keputihan Gatal

Keputihan yang normal adalah tidak diiringi dengan keluhan atau gejala-gejala lain. Kondisi lendir pada keputihan normal pun tidak banyak, berwarna bening, serta tidak bau dan gatal. Namun, pada keputihan yang tidak normal, semua hal di atas tadi tidak ditemukan.

Keputihan yang gatal bisa jadi awal mula adanya suatu penyakit seperti radang vagina, infeksi vagina, radang panggul, hingga kanker serviks. Pada kanker serviks, keputihan akan terasa sangat gatal dan baunya tidak sebab. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan virus di dalam vagina.

Selain itu, keputihan gatal juga menjadi tanda adanya penyakit seksual menular seperti gonore serta trikomoniasis. Penyakit seksual menular (PMS) ini tentunya sangat berbahaya dan parahnya lagi, wanita kadang tidak menyadari bahwa dirinya sudah tertular.

Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan. Obat keputihan gatal bisa dikonsumsi rutin apabila didapati gejala ikutan pada keputihan. Selain itu, perilaku seksual yang sehat juga penting untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Obat Keputihan Gatal Alami dan Aman

Keputihan adalah masalah umum semua wanita. Menurut WHO pada tahun 2018, sebanyak 75 persen wanita di dunia pasti pernah mengalami keputihan. Artinya, keputihan merupakan hal yang umumnya terjadi pada wanita karena kondisi organ kewanitaan memang memungkinkan terjadinya keputihan.

Organ kewanitaan cenderung lembab dan ini adalah hal yang normal. Karena itu, kelembaban ini harus dijaga agar tidak menimbulkan keluhan lain. Perawatan organ intim wanita ini dimulai dari menjaga kebersihannya dan bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi ramuan herbal khusus wanita.

Di Indonesia, hampir semua wanita juga mengalami keputihan. Beruntung di Indonesia ini adalah negara yang kaya dengan rempah-rempah berkhasiat. Berikut ini adalah obat keputihan gatal alami yang bisa dikonsumsi para wanita:

1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan satu dari banyaknya jenis obat alami yang sangat efektif untuk mengatasi keputihan. Kandungan alami di dalamnya seperti astringen dan anti bakteri membuat daun sirin ini menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut. Daun sirih dapat ditemukan di lingkungan sekitar rumah dengan mudah.

Untuk mengolah daun sirih menjadi obat keputihan, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu dan meminum air rebusannya. Selain untuk diminum, air rebusan daun sirih ini juga bisa digunakan untuk kompres hangat.

Caranya adalah dengan mencelupkan tampon ke dalam air rebusan yang sudah hangat selama 15 menit, lalu gunakan tampon tersebut untuk membersihkan area yang terkena keputihan.

2. Manjakani

Manjakani dikenal memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah sebagai pembersih organ kewanitaan yang terkenal. Selain itu, tanaman ini diyakini mampu menjaga kesehatan area intim wanita. Keputihan adalah salah satu keluhan wanita yang bisa diatasi dengan buah manjakani karena ada kandungan anti jamur dan anti inflamasi.

3. Kunyit

Kunyit bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang abnormal. Rimpang yang satu ini kaya akan manfaat yang baik tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan organ kewanitaan.

Kaum wanita disarankan untuk rutin mengkonsumsi kunyit ini. Minum air rebusan kunyit 2-3 kali seminggu sangat disarankan untuk memelihara kesehatan organ intim.

4. Temulawak

Temulawak ini tentunya sangatlah baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Kadar antioksidan pada temulawak bisa digunakan untuk menghalau bakteri, kuman, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Komponen lain seperti minyak atsiri, amilase, lemak, pati, serta fenol baik untuk mengobati keputihan.

5. Kulit Kayu Rapet

Kayu rapet adalah tanaman perdu menjalar dengan tinggi mencapai 2-4 meter. Kulitnya sangat bermanfaat untuk menjaga organ intim wanita. Konsumsinya juga disarankan bagi yang mengalami keputihan atau setelah melahirkan.

Cara konsumsinya yaitu dengan merebus kulit kayu rapet sebanyak 3 gelas air. Kemudian, biarkan sampai air mendidih lalu saring. Minum ketika air rebusan sudah hangat-hangat kuku. Rutin mengkonsumsi kulit kayu rapet bisa mengatasi keputihan yang gatal.

Wanita modern jaman sekarang tetap bisa mengonsumsi obat keputihan bau yang alami dan aman secara praktis. Ada produk dari Naturindo yang bernama Azzahra yang dikhususkan untuk memelihara organ kewanitaan. Azzahra terbuat dari rangkaian produk alami dengan mempertahankan resep dari Kerajaan Mataram

Azzahra aman dan tanpa efek samping sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsi Azzahra, para wanita dapat dengan mudah menjaga kesehatan organ intim mereka tanpa harus repot membuat obat sendiri.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai obat keputihan gatal bau yang alami dan aman. Para wanita bisa mencoba meracik sendiri obat alaminya atau dengan mengonsumsi Azzahra jika ingin praktis tapi aman. Ingat untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V, ya.

Leave a response

Konsultasi Yuk
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.